www.TamanBuku.com
toko buku islam online menyediakan buku-buku pilihan yang berkualitas
  • Bidadari Bumi
  • Dakwah Cara Nabi I dan II
  • Akidah Bani Alawi
  • Pilar Cahaya
  • 55 Kisah Bijak
  • Kupas Tuntas Ratib Al-Haddad
  • Nikmat Saat Sekarat

Surat Rasulullah kepada Najasyi


11 Mei 2014

Dalam surat yang dikirimkan kepa Najasyi, beliau menulis :

Bismillahirrahmanirrahim. Dari Muhammad Rasulullah kepada Najasyi, Raja Habasyah (Ethiopia). Amma Ba’du, untuk anda saya panjatkan puji syukur kepada Allah Yang tiada tuhan selain Dia, Maharaja, Mahasuci, Mahasejahtera, Maha Pemberi keselamatan (keamanan), Maha Pemelihara. Aku bersaksi bahwa Isa Putra Maryam adalah ruh Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam Perawan suci yang baik dan menjaga kehormatannya. Ia lalu hamil mengandung Isa, lalu Allah menciptakannya dari Ruh-Nya dan meniupkanya, sebagaimana Allah menciptakan Adam dengan tangan-Nya. Saya mengajak Anda untuk menyembah Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Saya juga menyeru agar senantiasa memelihara ketaatan kepada-Nya, dan agar Anda mengikuti serta mengimani apa yang telah datang kepadaku, karena saya sungguh saya adalah utusan Allah (Rasulullah). Dan sungguh saya menyeru Anda serta semua bala tentara Anda kepada Allah. Sungguh saya telah menyampaikan dan saya telah menasihati. Terimalah nasihat saya. Dan saya telah mengutus putra pamanku, Ja’far, dan beberapa orang kaum Muslim. Keselamatan dan kesejahteraan bagi orang yang mengikuti petunjuk yang benar.

Usai membaca surat Rasulullah SAW. yang diserahkan oleh ‘Amr bin Umayyah adh-Dhamiri, Najasyi berkata, “Aku beraksi, demi Allah, bahwa dia (Muhammad saw) adalah Nabi tuna aksara (ummi) yang sedang dinantikan oleh Ahlul Kitab. Musa member kabar gembira bahwa dia (Nabi tuna aksara) itu menunggang keledai sebagaimana kabar gembira yang dikabarkan Isa bahwa dia menunggang unta.” Setelah mengucapkan kalimat itu Najasyi lalu menulis surat jawaban kepada Rasulullah saw.:

Bismillahirrahmanirrahim. Kepada Muhammad Rasulullah SAW dari Najasyi Ashhamah. Salam sejahtera bagi Anda, wahai Rasulullah, juga rahmat serta berkah Allah, Yang tiada tuhan selain Dia dan yang menunjukiku kepada Islam. Amma Ba’du. Wahai Rasulullah surat Anda telah saya terima. Sungguh, demi Penguasa langit dan bumu, kabar Anda tentang Isa tidak lebih dari apa yang telah Anda sebutkan.

Selanjutnya Najasyi menulis :

Kami sudah memahami apa yang Anda sampaikan. Karena itu saya bersaksi bahwa Anda adalah Rasulullah, seorang yang jujur dan terpercaya. Saya membaiat Anda dan membaiat anak paman Anda, dan menyatakan keislaman saya dihadapannya. Saya mengutus putra saya untuk menemui Anda. Tetapi jika Anda menghendaki agar saya datang sendiri, sungguh saya akan melakukannya wahai Rasulullah, karena saya bersaksi bahwa apa yang Anda katakan adalah benar. Wassalamu ‘alaika wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Diambil dari :

Buku “Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad SAW” (Hal 50-51)

Dapatkan bukunya di www.TamanBuku.com Pesan melalui SMS ke 0818.845.239



Baca juga
  » 4 Agustus 2014
Tauhid
Tujuan mempelajari ilmu tauhid adalah mengenal Allah swt dan Rasul-Nya dengan dalil-dalil yang pasti dan menetapkan sesuatu yang wajib bagi Allah swt dari sifat-sifat yang sempurna dan mensucikan Allah swt dari tanda-tanda kekurangan dan membenarkan semua rasul-Nya.

  » 13 Juli 2014
Mengatur Waktu
Begitu pula seorang hamba yang mendekat kepada Allah. Allah telah menentukan waktu baginya. Mereka yang memanfaatkannya termasuk orang yang beruntung. Mereka yang menyia-nyiakannya termasuk orang yang merugi.

  » 30 Juni 2014
Tafakkur
Hendaknya engkau melazimkan untuk betafakkur pada setiap hari. Engkau tentukan selama satu jam atau beberapa jam, dan pilihlah waktu yang terbaik menurutmu untuk bertafakur.

  » 15 Juni 2014
Shalat Sunnah
Sebagaimana kita ketahui bahwa shalat dijadikan sebagai penentram mata batin Rasulullah, maka Beliau SAW sangatlah menikmati ketika sedang melaksanakan shalat.

  » 13 Juni 2014
Jadikan Allah selalu dihatimu
Ketahuilah bahwa sesungguhnya temanmu yang sejati hanyalah Allah Subhanahuwata’ala. Dia adalah Rabb-mu dan Dzat yang telah menciptakan dirimu.

  » 8 Mei 2014
Bukankah Allah Telah Mencukupi Hamba-Hamba-Nya
Tidak sempurna keimanan seorang Mukmin, jika dihatinya masih bersarang ambisi, kerakusan, dan tuntutan permintaan. Tidak sempurna juga, jika yang ia takuti dan harapkan adalah makhluk (manusia).

  » 5 Mei 2014
Tabarruk (Mengambil Berkah)
Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d ra., ia berkata , “Nabi SAW mendatangi per-kampungan Bani Sa’idah, kemudian beliau berkata, ‘Berilah kami minum, hai Sahl,’ maka saya mengeluarkan mangkok kayu dan member minum mereka.” Kata seorang perawi (Abu Hazim), “Sahl menyuguhkan mangkok kayu tersebut kepada kami, kemudian kami minum dengan mangkok itu.

  » 3 Mei 2014
Tanda-Tanda Husnul Khatimah
“Ketahuilah bahwa keluarnya nyawa pada saat Malaikat Maut memanggilnya adalah mirip degan seruan pawang ular dari lubang persembunyiannya. Keluarnya dua jasad pada saat seruan adalah sama : seorang Mukmin pada saat itu akan berusaha mengeluarkan nyawanya; sedangkan orang kafir akan berusaha menahan nyawanya.”

  » 14 Maret 2014
Berguru Kepada Sayyidina Ustman Bin Affan
jangan kalian tertipu dan terlalu percaya kepada dunia. Dunia itu tidak dapat dipercaya. Kalian harus tahu, dunia itu tidak akan meninggalkan orang yang meninggalkannya

  » 7 Maret 2014
Keutamaan Ilmu
Ketahuilah, sesungguhnya ilmu dan para penyandangnya, guru dan pelajar, yang menginginkan keridhaan Allah SWT. dan akhirat, memiliki keutamaan yang agung dan kedudukan yang besar serta pahala yang mulia.