www.TamanBuku.com
  • Bidadari Bumi
  • 10 Langkah Kebangkitan Diri
  • Inilah Jawabku..!
  • Sejarah, Silsilah dan Gelar Keturunan Nabi Muhammad SAW
  • Dakwah Cara Nabi I dan II
  • Harumnya Bidadari Bumi
  • Menggapai Rezeki Ilahi
  • Shalat Seperti Nabi
  • Al Qirthos
  • Minhajul Abidin
  • Kitab Al Hikam
  • Kasyful Lubad-Terjemah Matan Shofwatiz Zubad
  • Hikayat Penembus Langit
  • Air Mata Tobat
Product Scroller
Login
Shopping Cart
shopping cart
Search
Search:
Information

Berguru Kepada Sayyidina Ustman Bin Affan


14 Maret 2014

Mutiara Hikmah Kekasih RasulFigur yang memiliki nama lengkap Ustman bin Affan bin Abu al-Ash bin Umayyah bin ‘Abd Syams bin Abd Manaf al-Quraisy al-Umawi ini terkenal sebagai pribadi yang sabar dan tulus, juga terkenal sebagai pria kaya nan dermawan. Sebagai bukti, dialah donatur terbesar yang mendanai Jaisy ‘Usrah (pasukan yang berangkat berjihad disaat kondisi ekonomi sangat sulit), membeli sumur rumah untuk dihibahkan pada umat Islam, serta mendanai renovasi perluasan Ka’bah.

Kedudukannya disisi Sang Nabi sangat istimewa. Dialah satu-satunya sahabat yang mempersunting 2 putri Rasulullah SAW. Makanya, ia populer dengan sebutan Dzun Nurain (Pemilik dua cahaya). Tidak hanya itu,  Sayyidina Ustman juga sahabat yang hijrah 2 kali. Ke Habsyah dan ke Madinah.

Di samping tekun menulis wahyu, Usman memiliki jasa besar yang dampaknya terasa sampai saat ini, yaitu keberhasilannya menyatukan kaum Muslimin dalam satu mushaf. Jalan hidup khalifah ketiga ini semakin lengkap setelah ia sukses menghadap Allah dengan cara syahid.

Sayyidina Ustman Bin Affan berpesan, “Ingatlah, kalian berada ditempat yang terus berubah. Manfaatkanlah sisa umur kalian dengan baik. Bersiaplah menjemput ajal sebaik mungkin. Dan jangan lupa, kematian pasti datang menjemput pada waktu yang tak terduga. Ketahuilah, dunia ini dibentangkan penuh dengan tipuan. Allah SWT berfirman, “Maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia ini memperdaya kalian, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdaya kalian dalam mentaati Allah.” (QS. Luqman [31]: 33).”

Sayyidina Ustman Bin Affan berpesan, “Ketahuilah, dunia itu hijau dan menyenangkan. Banyak orang yang condong kepadanya. Oleh sebab itu, jangan kalian tertipu dan terlalu percaya kepada dunia. Dunia itu tidak dapat dipercaya. Kalian harus tahu, dunia itu tidak akan meninggalkan orang yang meninggalkannya.”

Sayyidina Ustman Bin Affan berpesan, “Saudaraku, sadarlah! Malaikat pencabut nyawa itu masih membiarkanmu. Ia masih mendahulukan orang lain. Sekarang, ia sudah mengarahkan langkahnya untuk mencabut nyawawamu. Oleh karena itu persiapkan dirimu untuk menghadapinya. Jangan lupa bahwa ia tidak mungkin lupa sedikitpun kepadamu. Saudaraku, ketahuilah! Jika kamu lalai belum menyiapkan bekal untuk menghadapinya, orang lain juga tidak mungkin menyiapkan bekalmu untuk menghadapinya. Ingat ! pertemuan dengan Allah itu pasti terjadi. Bersiaplah! Jangan serahkan urusanmu kepada orang lain. Semoga kamu selamat.”

Diambil dari :

Buku “Mutiara Hikmah Kekasih Allah (hal 33)”

Karya Hani Al-Hajj

Penerbit Ahsan, 247 hal, Ukuran 13x20 cm,

Klik disini dan dapatkan bukunya



Baca juga
  » 4 Agustus 2014
Tauhid
Tujuan mempelajari ilmu tauhid adalah mengenal Allah swt dan Rasul-Nya dengan dalil-dalil yang pasti dan menetapkan sesuatu yang wajib bagi Allah swt dari sifat-sifat yang sempurna dan mensucikan Allah swt dari tanda-tanda kekurangan dan membenarkan semua rasul-Nya.

  » 13 Juli 2014
Mengatur Waktu
Begitu pula seorang hamba yang mendekat kepada Allah. Allah telah menentukan waktu baginya. Mereka yang memanfaatkannya termasuk orang yang beruntung. Mereka yang menyia-nyiakannya termasuk orang yang merugi.

  » 30 Juni 2014
Tafakkur
Hendaknya engkau melazimkan untuk betafakkur pada setiap hari. Engkau tentukan selama satu jam atau beberapa jam, dan pilihlah waktu yang terbaik menurutmu untuk bertafakur.

  » 15 Juni 2014
Shalat Sunnah
Sebagaimana kita ketahui bahwa shalat dijadikan sebagai penentram mata batin Rasulullah, maka Beliau SAW sangatlah menikmati ketika sedang melaksanakan shalat.

  » 13 Juni 2014
Jadikan Allah selalu dihatimu
Ketahuilah bahwa sesungguhnya temanmu yang sejati hanyalah Allah Subhanahuwata’ala. Dia adalah Rabb-mu dan Dzat yang telah menciptakan dirimu.

  » 11 Mei 2014
Surat Rasulullah kepada Najasyi
Kami sudah memahami apa yang Anda sampaikan. Karena itu saya bersaksi bahwa Anda adalah Rasulullah, seorang yang jujur dan terpercaya. Saya membaiat Anda dan membaiat anak paman Anda, dan menyatakan keislaman saya dihadapannya.

  » 8 Mei 2014
Bukankah Allah Telah Mencukupi Hamba-Hamba-Nya
Tidak sempurna keimanan seorang Mukmin, jika dihatinya masih bersarang ambisi, kerakusan, dan tuntutan permintaan. Tidak sempurna juga, jika yang ia takuti dan harapkan adalah makhluk (manusia).

  » 5 Mei 2014
Tabarruk (Mengambil Berkah)
Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d ra., ia berkata , “Nabi SAW mendatangi per-kampungan Bani Sa’idah, kemudian beliau berkata, ‘Berilah kami minum, hai Sahl,’ maka saya mengeluarkan mangkok kayu dan member minum mereka.” Kata seorang perawi (Abu Hazim), “Sahl menyuguhkan mangkok kayu tersebut kepada kami, kemudian kami minum dengan mangkok itu.

  » 3 Mei 2014
Tanda-Tanda Husnul Khatimah
“Ketahuilah bahwa keluarnya nyawa pada saat Malaikat Maut memanggilnya adalah mirip degan seruan pawang ular dari lubang persembunyiannya. Keluarnya dua jasad pada saat seruan adalah sama : seorang Mukmin pada saat itu akan berusaha mengeluarkan nyawanya; sedangkan orang kafir akan berusaha menahan nyawanya.”

  » 7 Maret 2014
Keutamaan Ilmu
Ketahuilah, sesungguhnya ilmu dan para penyandangnya, guru dan pelajar, yang menginginkan keridhaan Allah SWT. dan akhirat, memiliki keutamaan yang agung dan kedudukan yang besar serta pahala yang mulia.

News
4 Agustus 2014
Tauhid
Tujuan mempelajari ilmu tauhid adalah mengenal Allah swt dan Rasul-Nya dengan dalil-dalil yang pasti dan menetapkan sesuatu yang wajib bagi Allah swt dari sifat-sifat yang sempurna dan mensucikan Allah swt dari tanda-tanda kekurangan dan membenarkan semua rasul-Nya. detail

13 Juli 2014
Mengatur Waktu
Begitu pula seorang hamba yang mendekat kepada Allah. Allah telah menentukan waktu baginya. Mereka yang memanfaatkannya termasuk orang yang beruntung. Mereka yang menyia-nyiakannya termasuk orang yang merugi. detail

30 Juni 2014
Tafakkur
Hendaknya engkau melazimkan untuk betafakkur pada setiap hari. Engkau tentukan selama satu jam atau beberapa jam, dan pilihlah waktu yang terbaik menurutmu untuk bertafakur. detail

15 Juni 2014
Shalat Sunnah
Sebagaimana kita ketahui bahwa shalat dijadikan sebagai penentram mata batin Rasulullah, maka Beliau SAW sangatlah menikmati ketika sedang melaksanakan shalat. detail

» index berita