toko buku islam online menyediakan buku-buku pilihan yang berkualitas

Keutamaan Ilmu


7 Maret 2014

Peringatan Bagi 8 Kelompok ManusiaKetahuilah, sesungguhnya ilmu dan para penyandangnya, guru dan pelajar, yang menginginkan keridhaan Allah SWT. dan akhirat, memiliki keutamaan yang agung dan kedudukan yang besar serta pahala yang mulia. Sebagaimana dinyatakan dalam ayat-ayat, riwayat dan berita, yang terlalu panjang untuk disebutkan satu per satu dan tidak mampu untuk dihitung.

Allah SWT berfirman, “ Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (Yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Qs. Ali Imran [3]: 180).

Dia SWT berfirman, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mujadilah [58] : 11).

Allah SWT juga berfirman, “Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS Az-Zumar [39] : 9)

Rasulullah SAW bersabda, “Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, namun mereka mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, maka ia telah mengambil suatu keberuntungan yang melimpah.”

Beliau SAW bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki baik oleh Allah, maka ia dipahamkan-Nya dalam permasalahan agama. Setiap sesuatu terdapat tiang dan tiang agama ini adalah fikih. Satu orang ahli fikih lebih kuat bagi setan daripada seribu ahli ibadah.”

Beliau SAW bersabda, “Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap orang Islam.”

Beliau SAW bersabda, “Barang siapa menempuh jalan yang didalamnya mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan para malaikat akan meletakkan dua sayapnya bagi pencari ilmu sebagai keridhaan atas apa yang diperbuat. Dan sesungguhnya segala yang dilangit dan dibumi hingga ikan-ikan di air akan memohonkan ampun bagi seorang yang berilmu. Keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan ahli ibadah, seperti keutamaan bulan purnama dibandingkan planet-planet.”

Beliau SAW bersabda, “Manusia yang derajatnya terdekat dengan kenabian adalah orang-orang yang berilmu dan berjihad. Orang-orang yang berilmu memberikan petunjuk kepada manusia atas hal-hal yang dibawa oleh para rasul. Sedangkan orang-orang yang berjihad, mereka berjihad dengan pedang mereka atas hal-hal yang dibawa oleh para rasul.”

Allah SWT memwahyukan kepada Ibrahim as., “Wahai Ibrahim, sesungguhnya Aku Maha Berilmu dan menyukai orang-orang yang berilmu.”

Sayyidina Ali krw berkata kepada Kumail bin Ziyad, “Wahai Kumail, ilmu lebih baik daripada harta. Sebab ilmu yang menjagamu, sedangkan kamu yang menjaga harta. Ilmu yang mengaturmu, sedangkan harta adalah sesuatu yang diatur. Harta menjadi kurang jika dinafkahkan, dan ilmu bertambah banyak jika dinafkahkan.”

Luqman berkata, “Hikmah (ilmu) menambah kemuliaan pada orang-orang yang bernasab mulia dan mengangkat derajat para budak hingga meletakkannya di posisi para raja.”

Al-Hasan al-Bashri rhm berkata, “Tinta para ulama ditimbang dengan darah para syuhada, maka tinta para ulama lebih berat daripada darah para syuhada.”

Abu al-Aswad rhm berkata, “ Tak ada yang lebih mulia dari ilmu. Para raja mengatur manusia, dan orang-orang yang berilmu mengatur para raja.”

Ibnu Mas’ud ra, berkata, “Bersegaralah mencari ilmu sebelum ia diangkat. Dan diangkatnya ilmu dengan kematian para penyampainya. Demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya, orang-orang yang terbunuh sebagai syahid memiliki keinginan agar Allah membangkitkan mereka kelak sebagai para ulama ketika melihat kemuliaan mereka (para ulama). Sesungguhnya tak seorang pun lahir dalam keadaan berilmu, sesungguhnya ilmu didapatkan dengan pembelajaran.”

Kami telah menyebutkan di dalam ringkasan ini keutamaan ilmu dan para penyandangnya untuk mencari berkat dan sebagai peringatan.

Keutamaan ilmu melalui karunia dan rahmat Allah, terhimpun dan dikhususkan bagi orang-orang berilmu yang belajar, mengamalkan ilmu, dan mengajarkannya karena mengharap Allah, keridhaan-Nya, dan negeri akhirat. Sedangkan ulama yang buruk lagi tertipu, mereka tak memiliki keutamaan. Bahkan telah diriwayatkan tentang kerendahan dan kehinaan mereka, dalam banyak riwayat, seperti yang telah kami sebutkan dalam pembahasan yang lalu. Kami memohon kepada Allah, keselamatan dari segala keburukan dan godaan serta bencana dan kesengsaraan di dunia dan akhirat, bagi kami, orang-orang yang kami cintai dan kaum muslimin. Kami memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat dan amal yang dikabulkan. Kami berlindung kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan hati yang tidak tunduk. Dan kami memohon agar Allah menutup usia kami dalam keadaan yang baik dan dengan kebaikan dalam kelembutan dan keselamatan. Sesungguhnya Dia Yang Maha Pengasih di antara para pengasih.

Diambil dari :

Buku “Peringatan Bagi 8 Kelompok Manusia (hal 76-79)”

Karya Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad

Penerbit Hikmah, 328 hal, Ukuran 13x20 cm,

Klik disini dan dapatkan bukunya : Peringatan Bagi 8 Kelompok Manusia



Baca juga
  » 26 Agustus 2017
Khulafa ar-Rasyidin
...maka ia akan melihat sifat Sayyidina Abubakar sama dengan Sayyidina Ustman. Mereka berdua lebih dikuasai sifat malu dan belas kasih. Sedangkan sifat junjungan kami Umar sama dengan junjungan kami Ali. Mereka berdua dikuasai sifat kuat dan tegas.

  » 13 Agustus 2017
Mengobati Penyakit Malas Beribadah
Bagaimanakah cara mengobati penyakit malas untuk mengerjakan amalan sunnah, membaca wirid dan lainnya? Dalam buku Habib Umar bin Hafizh menjawab, beliau menjawab :

  » 6 Agustus 2017
Menegur Dengan Halus
Dua cucu Nabi SAW ini ‘menegur’, namun apa yang mereka lakukan tidak menimbulkan kemarahan, tersinggung, malu dan lain-lain. Bahkan dengan kesadaran sendiri, mereka berhasil meluruskan kesalahan

  » 30 Juli 2017
Menjaga Shalat
Beliau SAW menerangkan bahwa ketenangan anggota tubuh karena tenangnya hati. Dan shalat tidak bakalan sempurna tanpa ketenangan itu. Dalam hal ini, para salafunasshalihin ra berkata: “Barangsiapa yang mengetahui orang yang berada di sebelah kanannya dan sebelah kirinya dikala ia dalam shalat, maka ketahuilah bahwa ia tidak khusyu’.”

  » 4 Agustus 2014
Tauhid
Tujuan mempelajari ilmu tauhid adalah mengenal Allah swt dan Rasul-Nya dengan dalil-dalil yang pasti dan menetapkan sesuatu yang wajib bagi Allah swt dari sifat-sifat yang sempurna dan mensucikan Allah swt dari tanda-tanda kekurangan dan membenarkan semua rasul-Nya.

  » 13 Juli 2014
Mengatur Waktu
Begitu pula seorang hamba yang mendekat kepada Allah. Allah telah menentukan waktu baginya. Mereka yang memanfaatkannya termasuk orang yang beruntung. Mereka yang menyia-nyiakannya termasuk orang yang merugi.

  » 30 Juni 2014
Tafakkur
Hendaknya engkau melazimkan untuk betafakkur pada setiap hari. Engkau tentukan selama satu jam atau beberapa jam, dan pilihlah waktu yang terbaik menurutmu untuk bertafakur.

  » 15 Juni 2014
Shalat Sunnah
Sebagaimana kita ketahui bahwa shalat dijadikan sebagai penentram mata batin Rasulullah, maka Beliau SAW sangatlah menikmati ketika sedang melaksanakan shalat.

  » 13 Juni 2014
Jadikan Allah selalu dihatimu
Ketahuilah bahwa sesungguhnya temanmu yang sejati hanyalah Allah Subhanahuwata ala. Dia adalah Rabb-mu dan Dzat yang telah menciptakan dirimu.

  » 11 Mei 2014
Surat Rasulullah kepada Najasyi
Kami sudah memahami apa yang Anda sampaikan. Karena itu saya bersaksi bahwa Anda adalah Rasulullah, seorang yang jujur dan terpercaya. Saya membaiat Anda dan membaiat anak paman Anda, dan menyatakan keislaman saya dihadapannya.

Others


- Pojok Hikmah -

"Hakikat kita adalah berasal dari sesuatu yang tidak ada, dan puncak kita adalah kembali kepada Tuhan untuk memperhitungkan amal perbuatan kita" - Habib Umar bin Hafizh Menjawab


Kami Siap Melayani Anda
Hubungi kami di
Telp/SMS/Whatsapp
0878.8411.5122




Login
Shopping Cart
shopping cart
Information